Home
Reload page

    CARA PARTISI MICRO SD PADA ANDROID

    Author: febby eka angelita Genre: »
    Rating

    Banyak cara untuk membuat partisi di micro SD android anda, tapi yang saya bahas disini adalah cara paling mudah dan cepat, disini saya menggunakan mini tool partition. Tujuan membuat partisi disini adalah untuk meningkatkan momori internal android anda, karena dengan mempartisi external sd card kita dapat memanage memory yang ada pada smartphone android kita , yaitu seperti :
    • Memindahkan applikasi yang terinstal di memory internal ke external memory tanpa tercampur dengan file yang lain (terpisah). artinya data-data dari aplikasi akan otomatis pindah di memory external, jadi memory internal akan sedikit longgar, dan kinerja android akan lebih cepat.
    • Menghemat pemakaian memory internal.

    Langsung saja kita ke TKP untuk cara-caranya:

    1.Download Mini tool Partition disini
    2.Install Mini tool partition yang sudah anda download
    3.Siapkan Micro SD yg akan dipartisi, catatan: apabila microSD baru tinggal eksekusi, apabila microSD lama backup dulu data di microSD sebelum dipartisi,saya tidak tanggung jawab atas kehilangan data anda,hehehehehehehehe,
    4.Colokkan microSD ke PC/Laptop menggunakan cardreader.
    5.Jalankan Mini tool partition yg sudah diinstal tadi, disitu akan terdeteksi microSD anda.microSD yg digunakan disini 8GB sebagai contoh
    6.klik kanan pada microSD anda, dan pilih delete, statusnya akan berubah unallocated.
    7.klik kanan kembali lalu pilih create,Lalu akan muncul windows Create New Partition.
    file system diisi: FAT32
    sizenya disini saya isi 6GB, ini nanti yg akan digunakan menyimpan file-file seperti biasanya. sedangkan sisanya nanti yang akan digunakan buat memory internal android anda.
    8.lalu klik OK
    9.untuk partisi yg ke 2 langkahnya sama tapi formatnya berbeda, klik kanan lalu create,
    Create AS : Primary
    file system: ext2
    10.Sisakan size sekitar 100Mb buat partisi ke 3, caranya sama dengan format:Linux Swap (partisi ke 3 ini tidak wajib, cuma 2 partisi juga bisa)
    11.Setelah semua selesai klik APPLY pada pojok kiri atas dengan simbol tanda centang, dan tunggu proses sampai selesai.
    12.Apabila sudah selesai maka di PC anda hanya akan terlihat 1 partisi yaitu yang berformat FAT32 dimana digunakan untuk menyimpan data seperti biasa.tapi di mini tool akan terlihat semua partisi.

    Dan untuk cara memindahkan applikasi yg terinstal di memory system ke external sd card yaitu menggunakan applikasi LINK2SD. Untuk tutorialnya bisa lihat cara menigkatkan memory internal dan link2sd dan cara menggunakan aplikasi link2sd
    demikian tutorial partisi microSD smartphone android, semoga bermanfaat, jangan lupa tinggalkan komentar anda.

    One Response so far.

    Leave a Reply